Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Game Pingpong di Construct 2 - Menambahkan Event Sheet pada setiap Objek

Hallo guys salam sejahtera, dan budayakan membaya ya.

Game Pingpong Di Construct 2


Thanks buat kalian yang sudah mengunjungi artikel lanjutan ini, dari yang sebelumnya sudah di posting yaitu tutorial game pingpong bagian 1 dan tutorial game pingpong bagian 2 .
Oke guys, lanjutan kali ini yaitu penambahan event sheet pada game yang di buat di construct 2 yaitu game pingpong, nah sampai sejauh ini menurut kalian susah ga sih dengan cara saya ngasih tutorial membuat game di construct 2 ini ? komen aja ya guys.

Jadi event sheet ini adalah suatu kondisi dan aksi apa saja yang akan di lakukan pada game yang sedang di buat. Misalnya pada suatu kondisi bola awalnya bola itu diam di satu titik tertentu, nah kemudian pada aksinya si bola bisa bergerak menyentuh objek lain sendiri atau bergerak dengan perintah.
Dalam construct 2 terdapat banyak actions ya guys, termasuk di pembuatan game pingpong ini banyak menggunakan action (aksi) jadi perhatikan dengan baik ya dan konsentrasi.

Ok langsung saja pada intinya guys, yu ikuti langkah-langkah menambahkan event sheet di game pingpong construct 2:

1. Yang pertama silahkan anda menuju event sheet game pingpong
2. Sebelum membuat aksi-aksi pada setiap objek, anda harus membuat dahulu variable untuk point atau skor yang akan di dapat oleh pemain nantinya.
Klik kanan dan cari add global variable, kemudian pada bagian name anda rumah menjadi 'speed'(anda bisa mengganti nama speed menjadi apa saja). Lalu pada typenya biarkan number saja, dan pada initial value isi dengan angka 200 dan klik ok.

3. Klik kanan dan buat variable lagi dengan cara klik add global variable, nah pada bagian ini ganti nama menjadi poinMusuh dan typenya biarka nol saja.
Variable ini akan berfungsi untuk menyimpan dan menghitung jumlah poin si komputer atau musuh.
4. Kemudian masih membuat variable, Klik kanan dan klik add global variable dan pada bagian nama ganti menjadi PoinPemain dan typenya juga isi nol saja.
Variable ini fungsinya sama dengan variable si komputer.

Nah setelah selesai membuat variable-variable sekarang kita membuat actions-nya.

1. Pertama klik Add event di bawah variable, dan klik objek 'tongkatna2' lalu klik next dan pilih Conpare Y lalu Next dan isi pada bagian Comparison dengan 'Less than', dan pada coordinatnya menjadi bola.Y lalu klik done.

Selanjutnya pemberian aksinya yaitu klik Add action klik objek tongkatna2 lalu next, cari Simulate control di klik dan next kemudian isi control menjadi Down lalu klik Done.


2. Sekarang Add event baru lagi, klik objek 'tongkatna2' lalu klik next dan pilih Conpare Y lalu Nextan isi pada bagian Comparison dengan 'Greater than', dan pada coordinatnya menjadi 'bola.Y' lalu klik done.

Selanjutnya pemberian aksinya yaitu klik Add action klik objek 'tongkatna2' lalu next, cari Simulate control di klik dan next kemudian isi control menjadi 'Up' lalu klik Done.

3. Sekarang Add event baru lagi dan klik bola lalu next dan cari 'on collison with another object' lalu next dan object-nya adalah 'comrogoal' (yaitu dinding uang akan mencetak skor).
-Selanjutnya pada aksinya Klik Add action pilih bola dan next lalu cari Destroy klik dan Done.
-Aksi kedua, Klik Add action pilih System dan next lalu cari Add to kemudian next dan isi pada bagian Variable pilih PoinPemain dan Value nya isi dengan 1 lalu Done.
-Aksi ketiga, klik add action lalu pilih objek 'spoh' lalu next, kemudian cari 'Spown another object' klik dan next. Pada bagian object pilih objek 'bola', pada Layer isi angka 1, dan image point angka nol saja lalu Done.
-Aksi keempat, klik add action lalu pilih objek 'bola' next dan cari 'Set Angle of motion' klik dan next, kemudian angle isi dengan random(360) dan Done.
-Aksi kelima, klik add action lalu pilih System next dan cari 'Set value' next, dan Variable gunakan 'speed' dan Value isi dengan '200' lalu Done.

4. Sekarang pada Add event baru lagi klik Add event pilih bola dan next, cari 'On collins with another object' lalu next dan 'Object' isi dengan pilih 'mulaigol' ini adalah dinding merah lalu Done.
-Sekarang pada aksinya pilih Add action pilih bola lalu next, dan cari 'Destroy' klik dan Done.
-Aksi kedua, klik Add action lalu pilih System next, dan cari 'Add to' dan next lalu pada Variable pilih 'poinMusuh' dan Value isi dengan '1' dan Done.
-Aksi ketiga, klik add action lalu pilih objek 'spoh' lalu next, kemudian cari 'Spown another object' klik dan next. Pada bagian object pilih objek 'bola', pada Layer isi angka 1, dan image point angka nol saja lalu Done.
-Aksi keempat, klik add action lalu pilih objek 'bola' next dan cari 'Set Angle of motion' klik dan next, kemudian angle isi dengan random(360) dan Done.
-Aksi kelima, klik add action lalu pilih System next dan cari 'Set value' next, dan Variable gunakan 'speed' dan Value isi dengan '200' lalu Done.

5. Selanjutnya kita buat lagi Add event baru lalu pilih System next dan cari 'On start of layout' lalu Done.
-Terus di bagian Add action pilih 'bola' next dan cari 'Destroy' pilih dan Done.
-Aksi kedua yaitu, pilih 'spoh' lalu next dan caro 'Spown another object' lalu Next, pada Object pilih 'bola' dan Layernya '1' dan image pintnay '0' lalu Done.
-Aksi ketiga, klik add action lalu pilih objek 'bola' next dan cari 'Set Angle of motion' klik dan next, kemudian angle isi dengan random(360) dan Done.

6. Kemudia buat lagi di Event Sheet baru pilih System dan next, cari 'Every tick' lalu Done.
-Dan aksinya, pilih Add action lalu klik 'PoinPlyr' ini adalah objek Text untuk menyimpan skor kemudian Next. Dan cari 'Set Text' klik dan Next, pada Text isi dengan variable 'PoinPemain' lalu Done.
-Kemudian aksi kedua, pilih Add action lalu klik 'mushPoin' ini adalah objek Text untuk menyimpan skor si musuh kemudian Next. Dan cari 'Set Text' klik dan Next, pada Text isi dengan variable 'poinMusuh' lalu Done.


7. Selanjutnya buat Add event baru, pilih bola dan next lalu cari 'On collins with another object' lalu next, dan objeknya pilih 'tongkatna2' lalu Done.
-Dan pada aksinya klik Add action, kemudian pilih System lalu cari 'Add to' pilih dan Next. Pada Variable pilih 'speed' dan Value '25' lalu Done.
-Aksi kedua yaitu Add action, pilih 'bola' dan next, kemudian cari 'Set speed' dan Next. Pada Speed isi dengan 'speed' dan Done.

8. Selanjutnya buat Add event baru, pilih bola dan next lalu cari 'On collins with another object' lalu next, dan objeknya pilih 'pemain' lalu Done.
Dan pada aksinya klik Add action, kemudian pilih System lalu cari 'Add to' pilih dan Next. Pada Variable pilih 'speed' dan Value '25' lalu Done.
-Aksi kedua yaitu Add action, pilih 'bola' dan next, kemudian cari 'Set speed' dan Next. Pada Speed isi dengan 'speed' dan Done.

9. Nah bagian ini SANGAT penting guys, yaitu klik RUN LAYOUT,  maka dengan ini game pingpong sudah bisa anda gunakan alias sudah jadi. emprak barudaaaaaaak.....

Jika benar, maka hasilnya akan baik atau lumayan lah, dan jika salah maka mungkin itu terjadi pada setiap event sheet-nya yang tidak sesuai. Jadi harus teliti ya guys.

Ok teman-teman, terima kasih yang sudah mengikuti tutorialnya, semoga bermanfaat bagi anda semua. Mohon maaf jika kurang jelas ya. Silahkan berkomentar saja.

Posting Komentar untuk "Game Pingpong di Construct 2 - Menambahkan Event Sheet pada setiap Objek"