Pemanfaatan Internet Di Perusahaan Indonesia
Pemanfaatan Internet Bagi Efisiensi Perusahaan
Kehadiran internet harus diakui telah menghadirkan kemungkinan-kemungkinan baru dalam hidup manusia. Melalui teknologi ini para ahli manajemen semakin yakin bahwa yang namanya "virtual organization' bukanlah satu impian belaka.
Dalam konsep 'virtual organization', suatu organisasi apakah dalam bentuk perusahaan, LSM, atau yayasan, tidak harus hadir dalam physicall space di suatu tempat tertentu. Sehingga, para karyawan bisa bekerja dalam tempat yang berbeda-beda tanpa kehilangan koordinasi dan hubungan dengan teman-temannya di kantor pusat. Tidak mengherankan bila dengan konsep tersebut, di suatu kantor hanya dibutuhkan seorang sekretaris dan office boy.
Kehadiran fasilitas seperti vidio conferences, net meeting, chatting semakin memperkuat argumentasi para ahli manajemen bahwa konsep 'virtual organization' merupakan salah satu alternatif yang harus diperhitungkan dalam pembuatan struktur organisasi di masa depan.
Namun, pertanyaannya kemudian adalah bagaimana pemanfaatan internet bagi perusahaan di Indonesia ?
Di sadari atau tidak, potensi penggunaan teknologi internet bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia sangatlah besar. Hal ini didukung oleh kenyataan struktur geografis Indonesia yang tersusun oleh wilayah yang cukup luas dan berkepulauan. Meskipun konsentrasi penduduk Indonesia masih terdapat di wilayah Jawa, namun potensi daerah di luar Jawa pun harus diperhitungkan oleh suatu perusahaan.
Dengan struktur geografis seperti ini tidaklah mengherankan jika perusahaan yang berkeinginan untuk meng-cover konsumen dalam skala nasional harus menempatkan cabang-cabangnya di daerah lain. Contoh kasus yang cukup menarik bisa kita lihat pada perusahaan yang bergerak di industri asuransi jiwa, selain Teknologi Informasi, adalah coverrage area. Artinya, suatu perusahaan asuransi jiwa akan berfotensi untuk mendapatkan premi dalam jumlah besar apabila perusahaan tersebut mampu untuk melakukan pendekatan, melalui agen-agennya, keberbagai potential customer yang tersebar di daerah-daerah.
Dan kalau perusahaan asuransi jiwa yang ingin melakukan hal ini, maka mau atau tidak mau perusahaan jiwa tersebut harus membuka cabang di daerah lain. Fenomena yang terjadi itu pun ekspansi perusahaan jiwa ke daerah lain tidak berhenti, walaupun selama periode krisis ekonomi.
Posting Komentar untuk "Pemanfaatan Internet Di Perusahaan Indonesia"